Senin, 07 Januari 2013

Kampung Inggris, Pare





Meskipun ini postingan lama, tapi sobat blogger bakal dapat info keren soal Pare, cekidot.... 
Sudah 2 tahun berlalu saat saya dan teman-teman berkunjung ke Kampung Inggris, desa Tulungrejo, Kec. Pare Kab. Kediri Prov. Jawa Timur. 
Sebelum memori saya menguap bersama kemampuan bahasa inggris saya yang hampir punah, saya ingin menulis sedikit tentang tempat ini.

Tempat ini disebut kampung Inggris bukan karena mirip england atau banyak orang inggris disini. Tapi karena ada sangat banyak lembaga kursus bahasa inggris ditempat ini. Para pengunjung kampung ini berasal dari berbagai daerah mulai dari Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi. Nah yang paling banyak ditemui disini adalah pengunjung dari Makassar, saya salah satunya. Berikut saya share pengalaman saya.
 
Tips Sebelum ke kampung Inggris : 
  • Perbaiki niat anda. Apakah ingin ke pare buat belajar bahasa Inggris ato sekedar liburan, jalan-jalan atau have fun. 
  • Siapkan budget yang cukup. 2 juta sudah bisa menjadikan anda orang kaya di Pare selama sebulan lebih. Cukup buat makan, bayar kursus, sewa sepeda, bayar Camp ato kosan,  jalan2, beli buku, belanja oleh-oleh dll. *asal tau kelola duitnya. 
  • Buat tenggat waktu berapa lama anda ingin belajar disana biar kerjaan lainnya tidak terbengkalai 
  • Identifikasi kebutuhan anda, misalnya program apa saja yang ingin diambil apakah ingin belajar dari nol, mau upgrade kemampuan di bidang writing, listening, speaking, mau belajar bahasa inggris buat dapat kerjaan, mau cari pengalaman buat jadi tentor bahas Inggris, dll. Ini supaya anda tidak kebingungan disana nantinya mau ambil program apa. 
  • Sebaiknya anda pergi dengan beberapa teman selain karena lebih asik, bisa kongsi-kongsi buat bayar kosan ato charter  mobil.
  • Pelajari atau cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan sebelum berangkat. 
  • Barang bawaannya jangan terlalu banyak cukup yang dibutuhkan saja misalnya alat sholat, sarung, pakaian secukupnya, alat mandi bisa dibeli di pare, buat cewek-cewek jangan terlalu rempong. Selain untuk menghindari over bagasi, biar anda tidak repot sendiri nantinya.Terakhir jangan lupa berdoa dan pamit sama orang rumah.

Bagaimana cara ke kampung Inggris ?

 (Perjalanan Ke Pare)

Jika anda ingin ke Kampung inggris dari Makassar, Baca ini : 
Rute Pesawat :
Dari bandara sultan Hasanuddin Makassar to Bandara Juanda Makassar, naik bis bandara (Rp.15.000), 15-25 menit perjalanan  ke terminal purabaya yang lebih dikenal sebagai terminal Bungurasih. Pesan tiket bilangnnya pare kampung inggris bukan Kediri, soalnya ada bis khusus ke arah Pare kampung Inggris, sedangkan jika anda naik bis jurusan Kediri maka hanya akan melewati jalan utama yang notabene masih jauh dari kampung inggris. Jangan lupa bayar peron (karcis masuk terminal terakhir harganya Rp. 500).

Dan ingat selalu jaga barang bawaan anda, kalo diterminal jangan mau barangnnya diangkatkan selain karena bisa saja barang anda hilang, anda mungkin akan dimintai bayaran mahal, kalau butuh sesuatu sebaiknya bertanya langsung ke petugas DLLAJ ato petugas  terminal jangan ke orang asing.  kalau mau praktis dan jika anda ingin menikmati perjalanan dan ingin mampir-mapir sebentar kota-kota kecil seperti wonokromo, sidoarjo, Gresik, krian, dll, anda bisa mencharter mobil langsung dari bandara juanda ke tempat tujuan anda biasanya harganya sekitar Rp.250.000-Rp.300.000 sebaiknya tawar-menawar harga jangan pake logat ala daerah asal anda apalagi logat Makassar pasti dimahal-mahalin, kalo bisa cobalah logat jawa dan pasang tampang berpengalaman. Perjalanan dari Surabaya-pare menghabiskan waktu selama kurang lebih  3 jam.

Tips : sebaiknya pesan tiket jauh hari sebelumnya biar lebih murah, kalo bisa tiket pulang pergi jadi anda harus memperhitungkan berapa lama rencana belajar anda.

Rute Kapal laut :
Pelabuhan soekarno hatta Makassar => tanjung Perak Surabaya =>  terminal bungurasih, sisanya sama kayak yang diatas, menurutku lebih baik naik pesawat selain harganya tidak beda jauh, waktupun lebih efisien.

 
  
Bagi anda yang dari Makassar dan butuh info ato nyasar ketika tiba di Pare jangan kuatir langsung saja kesini ASSET (Association Of Sulawesi Student) atau perkumpulan pelajar se-Sulawesi. Jalan Dahlia No. 10 A Desa Tulungrejo, kec. Pare, Kab. Kediri Jawa Timur. 

Ada apa di kampung Inggris ?
Banyak ! tempat kursusannya seabrek ada BEC, ELFAST, DAFFODILS, GLOBAL ENGLISH, ZEAL, AMERICAN WEB, LOGICO, WEBSTER, 24 HOURS, HARVAD, OXFORD, EXELENT, CHERRY, KRESNA, ALFAFA, MR.BOB, MAHESA INSTITUTE, SMART, BE FRIEND, EMINENCE, MORNING STAR, C.I.A, ACCESS, OUT LOUD, ONTHEL dan massiiiihhhh banyak lagi.  

Program yang ditawarkan juga bermacam-macam mulai dari pemula yang hendak belajar bahasa inggris hingga program buat para master. Bingungkan milih yang mana ? hehehe. Saya sih sarankan Elfast, Global English dan Daffodils, alasannya karena mereka memang terpercaya dan dijamin kualitasnya  (saya tidak dibayar loh buat promo) hehe. Atau anda juga bisa privat jika benar-benar ingin mendapat konsentrasi penuh dari pengajar.

 

 (Momen Belajar)

Penting !
Masa kursusan biasanya selama 2 minggu dan perbulan, jadi  pergantian tanggal buat ambil program baru yaitu tiap tanggal 10 dan tanggal 25. 
Tips : jika tidak ingin kelasnya keburu penuh buruan daftar via online dan transfer biaya pendaftarannya. *cari aja di mbah google dan ingat perhatikan juga akurasi infonya jangan sampe penipuan.

Di pare juga tersedia beberapa Kursus sempoa, komputer, bahasa arab dan bahasa mandarin, dan yang paling penting nih warung kuliner yang murah meriah, ada studio foto, ada tempat penyewaan sepeda karena mayoritas orang disana bersepeda. Untuk sepeda, Harganya variatif mulai dari 5 ribu/ hari, 25 ribu- 50 ribu/ 2 minggu, hingga 50 ribu/ bulan-100 ribu/ bulan. Tergantung anda gimana nawarnya. 

Tinggalnya dimana ? 
Nah buat fasilitas selama di Kampung inggris, anda bisa memilih ingin nge-kost ato nge-camp. Emang beda ? iya !. Kalo ngekos itu artinya anda hanya akan mendapat fasilitas berupa kamar tidur dan kamar mandi. Sedangkan nge-camp artinya selain fasilitas kamar tidur dan kamar mandi anda juga mendapat program bahasa inggris tiap subuh, siang dan abis magrib (ini beda2 tergantung campnya).  Harganya ? jelas beda ! variatif mulai dari 100 ribu/bulan hingga 300 ribu/bulan. Biasanya camp lebih mahal.

Dan kamarnya tidak diisi satu orang saja tapi bisa 5 sampe 6 orang. Tergantung masa anda berkunjung, biasanya paling rame dibulan juli-agustus, musim libur sekolah dan libur panjang lainnya. Dan sebaiknya anda memilih kost ato camp khusus cewek ato khusus cowok. Biar lebih aman dan bebas beraktivitas.

Tradisi Ala Pare
Di pare, perempuan akan dipanggil Miss dan laki-laki dipanggil Mister.  Di pare juga biasanya agak tabu jika perempuan masih kuliaran jam 11 malam, karena ada peraturan desa kalo jam 10 sudah seharusnya berada dikost ato camp. 

Ada juga kebiasaan ferewell party alias pesta perpisahan yang berisi acara hiburan tiap malam minggu, dan masih banyak acara2 lainnya.

Dan yang paling berbahaya nih...Ada tradisi cinta lokasi alias cinlok oleh muda-mudi disana. Oleh karena itu perbaiki niat untuk datang belajar ya.

Kita juga kerap mendapati penjual ato orang2 lalu lalang menggunakan bahasa inggris jadi lama kelamaan terbiasa. Tapi ada juga juga kebiasaan silly talky alias bicara asal-asalan yaitu mencoba meng-Inggris-Inggriskan bahasa Indonesia misalnya nih shy-shy cat (malu-malu kucing) kan parah nih. ini bisa menjadi lingkungan negative dalam perkembangan speaking pengungjung pare.


Jika Butuh Refreshing.. 

 (Gumul Simpang Lima)

Ada tempat nongkrong asik buat nyegerin otak misalnya bali-house, tempat karaoke, lapangan futsal, ada juga stadion candhabirawa bisa buat jogging kalo beruntung biasanya ada pertunjukan artis ibu kota di stadion yang cukup dekat dengan perkampungan Inggris ini, bisa juga anda ke Alun-alun, ke Gepe, ato belanja oleh-oleh khas kampung Inggris ke Pare Holic dan beberapa Distro lainnya, ke candi Surowono, ke kota Kediri menikmati Indahnya Gumul simnpang Lima, main ke mall Ratu ato hunting baju murah ke pasar Doho, bisa juga  anda plesiran ke kota2 dekat pare misalnya ke Malang yang bisa ditempuh 30 menit perjalanan, di Malamg anda bisa menikmati Jatim Park, sebuah wahana bermain out door atau ke sempuh island,  bisa ke taman wisata bahari lamongan, ke Gunung Bromo, ke gunung Kelud, Hingga perjalanan ke Bali. Semuanya tersedia dalam paket murah, kadang acara jalan-jalan ini sengaja dilakukan tiap kursusan pada akhir periode suatu program. Tapi tetap aja, ingat tujuan utama dan pintar-pintar hemat ya...

 (Momen Makan-Makan di Pare)

Sisi Lain Pare..
Saya pribadi, mencoba memberi penilaian objektif terhadap Kampung Inggris. Faktanya penduduk asli Pare telah tergeser jauh ke pinggiran desa, karena Desa Tulungrejo dipenuhi pendatang dan pengusaha, baik itu pengusaha kursusan maupun pengusaha warung makan, warnet, toko dll. Hidup merekapun sangat sederhana. Keberadaan kampung Inggris yang berkilau tidak membuat mereka hidup lebih damai dan sejahtera. Meskipun bagi  penduduk asli yang ingin belajar bahasa Inggris diberi potongan Harga, itupun tergantung kebijakan tiap lembaga kursus.

Di Pare tidak cukup aman bagi perempuan berjalan sendiri karena kerap diganggu oleh preman sekitar, barang-barang pribadipun kadang raib apabila kurang waspada karena begitu ramai orang lalu-lalang. Dan sepertinya belum layak dikatakan kampung Inggris Toh sehari-hari bahasa yang sering ditemui adalah bahasa jawa dan logat Makassar meskipun mereka telah lama berada di Pare. 

Dibanding sebagai ladang ilmu, Pare lebih tepatnya dikatakan Ladang Bisnis, banyak kursusan yang asal, programmnya terlau instan dan singkat, tempat hiburan yang menjamur dan banyaknya wadah lain yang menggoda pengungjung untuk bersenang-senang dan menghabiskan uang mereka. 

Tapi saya masih ingin kembali kesana. Pare, bagi saya adalah tempat yang patut dikunjungi, penuh kenangan, sensasi dan ilmu pengetahuan baru. Semuanyakan kembali kepada Individu masing-masing. bijaklah berada di Pare.  ^^

Semoga bermanfaat..
#Keep Improve Our English



6 komentar

Unknown mengatakan...

nice post....
aku masih ada niat kesana lagi deh nanti,,,

Catatan Ara mengatakan...

Thanks..

Anonim mengatakan...

Terimakasih infonya, sangat membantu ^.^

Unknown mengatakan...

thanks atas infonya :)

muhammad abaz mengatakan...

Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

Informasi yang menarik dan bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih belajar di Kampung Inggris Pare, Kediri :D

Catatan Ara mengatakan...

aamiin, salam kenal juga abbas.
sukses buatmu juga.
semangat belajar.
semoga targetnya bisa tercepai.
apapun itu :)

© Catatan Ara
Maira Gall