Sabtu, 24 November 2012

Laskar Sebatik


BIAR TUHAN MENILAI USAHAMU...

Hari itu selasa 12 Juni 2012, 2 minggu setelah  kesana kemari mengurus berkas KKN. saya bersama sahabat saya Ayu wandira menuju PKM 1 UNHAS untuk mengikuti pembekalan oleh supervisor Kuliah kerja Nyata UNHAS Gel.82 Kabupaten Wajo Kec. Majeuleng. Tiba-tiba Hape Ayu berdering. 1 Message Reseived (bagi mahasiswa yang berminat  KKN di pulau sebatik akan diadakan pertemuan pada jam 3 sore)
KKN dipulau sebatik ?
ada ya ? dimana itu pulau sebatik ? Kapan pengumumannya ? tanyaku nyerocos. Itu KKN didaerah perbatasan Indonesia-malaysia yang di ambalat tuh..tepatnya dikalimantan timur, pengumumannya kemarin pas pembekalan khusus. Jawabnya. Ehh..koq saya tidak tahu..di kelas pembekalanku tidak ada pengumumannya. (selama beberapa minggu saya harus lalu lalang R.S Wahidin untuk menjaga Kakak yang lagi Operasi Patah tulang akibat kecelakaan akibatnya jadi Kudet ttg info dikampus). Ya gabung saja ntr jawab ayu Kalem..
Akhirnya saya memberanikan diri bergabung disebuah ruangan yang kurang lebih terdiri dari 60 orang yang akan mengikuti tes di UPT. KKN  yang dipimpin oleh pak Djumran. setiap orang diabsen oleh pak Irwan. 
Pak Irwan        : siapa yang belum disebut tanyanya,
Saya                : agak malu2 saya mengangkat tangan. 
*hanya ada dua orang diruangan itu yang mengangkat tangan termasuk saya.
Pak Irwan        : Sudah mendaftar ?
Saya                 : Belum Pak
Pak Irwan         : -___-. Jadi kenapa ada disini ?
Saya                 : Mau tes pak
Pak Irwan         : Tidak bisa pendaftaran sudah tutup !

Seorang teman lain yang senasib (anak teknik perkapalan 08 saya lupa namanya) tidak terima katanya tidak masalah hasilnya akan kami terima kalopun tidak lulus nantinya asalkan kami dites saja dulu. Setelah perbincangan yang alot dan meninta pendapat peserta lainnya kami disuruh meninggalkan nomor yang bisa dihubungi katanya pulang saja dulu boleh diikutkan atau tidak nanti dihubungi. sampe dirumah ternyata tidak dihubungi. T_T

Berkat teman ku yang baik. Ayu.. akhirnya saya dapat info kalo besok akan ada penyeleksian hari kedua karena jumlah peserta yang cukup banyak dan jumlah mahasiswa yang diterima sejumlah 15 orang dan tiap fakultas hanya diambil satu orang.. Besok datang saja jam 8 pagi katanya. Jam 8 pagi hemm.. rasanya tidak mungkin..saya harus mengantar Kakak ke R.S Wahidin Sudhiruhusodo untuk kontrol Pasca Operasi. Yah..sudahlah..bye bye Sebatik

Besoknya di R.S Wahidin Sudhiruhusodo ketika menunggu giliran menghadap dokter Spesialis Orthopedy saya melirik jam tangan saya. Hemm..sudah jam 10. Saya agak gelisah. Akhirnya kakak saya mengatakan “ pergi saja ikut tes, setelah kontrol  nanti saya pesan taxi  trus pulang sendiri saja” hemm...sedikit galau akhirnya saya segera mencari tumpangan ojek menuju UPT. KKN. Selama diperjalanan saya berpikir tidak mungkin diberi kesempatan yah..tidak apa-apalah usaha saja dulu. Tiba di UPT.  Tes masih berlangsung. Seorang  Mahasiswa berkata : hem..anak yang kemarin tidak datang ? baguslah..mereka itu hanya diberi harapan palsu buat ikut tes..ahh KKN sebatik keren banget. * Dia tidak tahu kalo saya yang duduk disampingnya adalah mahasiswa yang hampir saja diusir kemarin. Hehehe

Setelah semua Mahasiwa di tes..sudah jam 2 siang. Ini satu gelombang terakhir yang dipanggil namanya masuk kata pak Irwan. Akhirnya saya memberanikan diri “Pak saya yang kemarin ,bisa ikut tes ?”. pak Irwan menoleh kepada pak rijal. There is the last one ? Would u like to give her a Change ?. saya pasang telinga..Ya ! jawab Pak Rijal. Akhirnya sayapun diiukutkan tes.

Besoknya Selagi ngantri di Bank BNI hape saya berbunyi. Ayu Calling. ..Ya,,Hallo. Ara Selamat nahh Lulus ko Ke Sebatik..

Guys..Walaupun sesuatu itu tampak tidak mungkin. Terus saja Berusaha, Biarkan Tuhan yang menilai Usahamu !!!!
Selasa 26 Juni 2012 dengan KM. Tidar kami dijadwalkan  menuju Pulau Borneo dengan Rute Makassar-parepere-Balikpapan-Tarakan-nunukan dan tiba di Sebatik pada tanggal 29 Juni 2012. Pagi di hari keberangkatan saya membuat tim deg-degan sekaligus jengkel karena saya datang terlambat dan kami hampir ditinggalkan kapal# alasannya kerena ada beberapa insiden kecil dirumah (Ceillehh). Hehehehe maap tamang-tamang..
Ehh..kalo model saya seperti ini kenapa bisa lulus ya ? hehehehe.

here we are... !!!

Ket. Sumber Gambar :  Dokumentasi KKN

Tidak ada komentar

© Catatan Ara
Maira Gall