Sabtu, 24 November 2012

Penyakit Langganan Mahasiswa


Menjadi seorang mahasiswa bukan hal yang mudah, terlebih lagi kalo agan-agan ini tinggal jauh dari orang tua dan kampung halaman alias indekozZ gitu. Oleh karena itu harus pinter2 jaga diri sendiri mulai dari menajemen keuangan, waktu, hingga yang paling penting nie menjaga kesehatan !
Nah..kali ini saya mau sharing tentang beberapa penyakit yang sering melanda mahasiswa (selain daripada KANKER alias kantong kering. hehehe). Ini dia beberapa penyakit yang sering melanda mahasiswa :

1.      Maag
aktivitas mahasiswa yang padat seringkali membuat agan-agan tidak menjaga pola makan yang teratur  .  selain itu, Kebiasaan seperti merokok, mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan cukup sering demi begadang untuk mengerjakan tugas atau belajar menjelang  Ujian Akhir Semester, stress pun  dapat memicu timbulnya maag.
Gejalanya sering bersendawa, Sakit saat buang air besar, Mual dan muntah, Sering merasa lapar, Perut kembung dan timbul rasa sakit atau perih pada perut dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung. Kalo tidak segera diobati atau dibiarkan begitu saja maka hal ini memincu timbulnya asam lambung yang kronis hingga berujung kematian.
Solusinya sederhana gan…cukup makan yang teratur, jangan keseringan makan makanan pedas dan asam. jangan lupa cuci tangan sebelum makan, hindari stress, dan bila perlu minum obat maag bagi yang merasa sudah maag level menengah.


2.      Tipes
Tipes atau typhoid (Hepatitis A atau dulu orang menyebutnya sbg penyakit kuning krn seluruh tubuh si penderita berwarna kekuningan) bukanlah penyakit yang dikarenakan tikus atau makan makanan sisa dari tikus gan..tapi merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa.
Tingginya kesibukan mahasiswa dikampus dan tidak diimbangi dengan makan mkanan yang memenuhi unsure 4 sehat 5 sempurna sangat memungkinkan berkurangnya kekebalan tubuh hingga penyakit ini mudah meyerang. Gejalanya yaitu awalnya pusing seperti mau flu, demam disertai nyeri, mual dan lemas, panas, perut terasa mual dan sebah (penuh), badan terasa tidak enak dan lekas capek. Warna ( maaf... ) air kencingnya kecoklatan seperti teh dan matanya pun menjadi kuning, demam hingga 40 derajat Celsius, lalu kamu merasa nyeri di sekujur tubuh, nafsu makanmu menurun, dan mengalami sakit kepala yang luar biasa, leher terasa kaku, lidah kotor biasanya ada bercak putih, pokoknya dunia serasa mau kiamat dah…solusi nya satu langsung ke rumah sakit  terdekat gan..karena penyakit ini harus ditangani medis dengan segera baik itu diberi sejumlah obat oleh dokter, ataupun diopname. Kalo sudah terkena penyakit ini agan-agan sebaiknya tidak banyak bearaktivitas. Organisasi cuti dulu untuk memulihkan kondisi kesehatan alias agan perlu istirahat total.  Hindari makanan yang asam, pedas, soda, dll dan jangan lupa pilih makanan yang bersih dan sehat. Buat anak kozan pilihlah makanan yang kamu yakin kebersihan tempat pengolahanya jangan asal murah meriah ya….

3.      Diare
hemm…ini nih..jangan asal dapet anugra (anu gratis) dikit atau murah dikit langsung disabet gan..apalagi kalo jajan sembarangan lupa cuci tangan pula akibatnya agan-agan bisa diare. Gejalanya yah bawaaan nya perut terasa mulas dan maunya keluar masuk kamar mandi mulu.
Solusinya pilihlah tempat makan yang menyediakan makanan yang sehat. Jangan hanya tergiur dengan tampilan dan aromanya saja atau harganya yang murah meriah, tapi perhatikan pula lingkungan tempat makanan tersebut diolah. Buat anak kozan kalo bisa masak sendiri di kozan seain lebih sehat khan bisa lebih irit. Tapi kalo terpaksa harus beli ya..pilihlah tempat yang terjaga kebersihannya.


4.      Insomnia
Keseringan begadang karena tugas kuliah ataupun rapat-rapat di himpunan atau organisasi bisa membuat mahasiswa memiliki kebiasaan pola tidur yang tidak cukup baik, malam nya kayak kelelawar, paginya molor sampe jam 1 siang baru dah bangun…akibatnya timbulah gejala kelainan tidur yang disebut insomnia. Sebenarnya insomnia ini bukan penyakit tetapi gejala yang memiliki penyebab  berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.sama halnya tidur berlebihan yang tidak baik bagi kesehatan kekurangan tidurpun demikian bahkan Sebuah survei dari 1,1 juta penduduk di Amerika yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan bahwa mereka yang dilaporkan tidur sekitar 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih tinggi tingkat kematiannya.  Minum obat tidur bukanlah solusi gan…cara yang paling efektif yaitu Berolah raga teratur, Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur, Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Kurangi mengkonsumsi minuman atau makanan yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok, Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Jernihkan pikiran anda. Yang terakhir Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari..okey gan…?!

5.      Anemia
rutinitas mahasiswa yang padat membuat sehari = 24 jam itu serasa tidak cukup. Alhasil begadang mau tidak mau menjadi pilihan. Hubungan langsung antara begadang dan anemia sih tidak ada pemirsa tapi nih..jika tubuh keseringan begadang dan bekerja lebih keras akan menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh akibatnya pecahnya dinding sel darah merah karena reaksi antigen antibody. Ini dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya anemia. Karena anemia pun bermacam-macam tergantung dari factor yang menibulkannya gan..makanya ati-ati siapa tau aja ada factor genetic dari agan-aganwati ini. Gejalanya Orang yang mengalami anemia akan merasa cepat lelah, lemas, pucat, gelisah dan terkadang sesak. Apa akibatnya bila terjadi anemia? Transportasi oksigen akan terganggu dan jaringan tubuh orang yang anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna menghasilkan energi. Khan tidak keren tuh ke kampus dengan mata kuyu dan wajah pucat pasi kayak rembulan kesiangan (ceileh…) Bagaimana mengobati anemia? Seperti halnya penyakit lain, pengobatan anemia juga harus ditujukan pada penyebab terjadinya anemia. Misalnya nih mengkomsumsi vitamin B12 ataupun makan makanan yang banyak mengandung zat besi .


6.      Gatal-gatal


gatal-gatal ini ada banyak penyebannya gan..buat mahasiswa yang super duper sibuk sampe lupa mandi itu wajar, ataupun gatal-gtal yang disebabkan karena air dilingkungan tempat kozan yang tidak bersih, gatal alergi ataupun gatal yang disebabkan oleh tungau atau kutu kasur.
Hewan kasat mata ini merupakan penghuni tetap tempat gelap dan lembab, seperti kasur. Maka, bagi kamu anak kos maupun tinggal dengan orangtua, biasakan mengganti seprai minimal dua minggu sekali dan membersihkan tempat tidurmu. Buat yang air di kozannya kurang bersih belilah produk sabun anti bakteri yang cair tambahkan  kedalam bak mandi sebelum mandi. Dan buat mahasiswa yang super duper sibuk sempatkanlah dirimu kan kalo situ bersih dan wangi..enak liatanya, dan aktivitaspun jadi lebih enteng, belajar jadi lebih nyaman.


7.       Malaria
Kebiasaan buruk dengan tidak menjaga kebersihan kamar kos maupun kamar pribadi, menumpuk banyak baju pada gantungan pintu, serta jarang menguras bak mandi, bisa menjadi alasan utama kamu terkena penyakit ini. daftar kebiasaan buruk tadi memang menjadi tempat favorit nyamuk penyebab penyakit ini, yaitu nyamuk Aedes aegypti Padahal, melalui gigitan nyamuk ini, kamu dapat terkena virus dengue yang menjadi asal penyakit yang melanda daerah tropis ini. untuk itu jagalah terus lingkungan tempatmu tinggal, baik tempat kos maupun rumah pribadi sehingga dapat mencegah penyakit berbahaya ini. gotong royong antar sesama penghuni kos secara berkala bisa membantu mengantisipasi penyakit ini.

8.      Influensa
agan-agan pasti pernah merasa tiba-tiba menjadi demam,  letih, lesu, kehilangan selera makan, dan sakit kepala, belakang tangan dan kaki. Juga menderita sakit tenggorokan dan batuk kering, mual dan mata seperti terbakar. Ini nih gejala fluTanda-tanda yang disebutkan di atas bisa menjadi sangat parah, dan mungkin terjadi komplikasi seperti pneumonia, sinusitis, dan radang dalam telinga. Kebanyakan komplikasinya adalah infeksi kuman karena daya tahan tubuh menjadi menurun untuk melawan kuman-kuman yang masuk. Penyakit ini memang sering melanda siapa saja terutama mahasiswa yang emang sibuk atau sok sibuk itu sangat mudah terjangkit apalagi  perubahan iklim di Indonesia tidak cukup bagus. Belum lagi berbagai macam polusi disekitar kita. Apabila terjangkit flu solusinya harap beristirahat dengan cukup di rumah agar tidak menjadi bertambah parah. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar 2 hari setelah demam berlalu.
Bisa menggunakan obat flu yang dibeli bebas. Kalau flu sudah terkomplikasi dengan infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotika.

9.      Sakit kepala
Sakit kepala memang penyakit langganan mahasiswa, penyebabnya bermacam-macam mulai dari stress, kebanyakan pikiran, kebnayakan aktivitas lapangan yang mana kepala terkena sinar matahari secara langsung.  Gejala nya yah..kepala terasa pusing, nuyt-nyut bahkan seperti kesetrum. Sakit kepala pun bermacam-mcam ada ketegangan otot, migraine, kelainan sinus, tekanan darah tinggi dan lain lain.. bisanya jika sakit kepala cukup dengan meminum obat sakit kepala dan istirahat beberapa waktu maka kesehatan akan pulih kembali. Akan tetapi apabila agan-agan ini menederita sakit kepala dalam intesitas yang lebih sering maka sebainya memeriksakan diri ke dokter.


Okey gan…itu dia penyakit yang sering di alami mahasiswa, sebagai Agent of change ada baiknya kita menjaga kesehatan kita agar dapat melakukan perubahan. Kan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.   Jika ada yang salah dari tulisan saya di atas mohon dikoreksi karena pastinya teman-teman kita dari fakultas kedokteran lebih tahu kan.. 


saya hanya ingin berbagi sedikit informasi berdasarkan pengalaman pribadi saya. Beberapa hari lalu tiba-tiba kepala  saya terasa berat, pusing, leher kaku, demam meroket sementara sekujur tubuh saya terasa dingin, tulang terasa ngilu, lidah terasa pahit dan muntah tanpa henti nafsu makanpun terjun bebas alhasil satu mingg terkapar di tempat tidur dan beberapa hari keluar masuk rumah sakit wahidin. (alhamdulilah sekarang sudah sehat walafiat).


Akibat sakit, kuliah tidak beres, tugas berantakan, berbagai kesempatan lewat, organisasi gak jalan, belum lagi jauh dari orang tua untungnya ada kakak  yang baik hati bersedia ngerawat saya (makasih..kak cina mangidi…). jadi saya ingin berbagi sedikit tips nih gan…selagi sehat manfatkan waktu sebaik mungkin jaga kesehatan, tidur yang cukup jangan begadang kalo gak penting-penting amat misalnya buat maen game atau sekedar nonton film. Makan makanan yang bersih dan bergizi bila perlu minum susu. Hindari minuman berkafein dan bersoda, sempatkan olahraga, dan jangan sering keluar malam kalopun harus keluar jangan lupa pake baju yang tebal atau jaket jangan sampe masuk angin atau keseringan kena angin malam, upayakan tidak terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung buat cewek sediakan payung, jika berkendara jangan lupa pake masker. 


Buat yang sudah terlanjur sakit tempatkan teman-teman anda pada pos yang tepat. Kalo bisa satu teman mengurusi dan menginfokan perkembangan perkuliahan selama anda beristirahat dikos atau dirumah, satu teman sebaiknya menemani anda di rumah atau kerumah sakit. Dan satu lagi untuk kesana kemari mengurusi keperluan anda selama anda sakit. Jadi minimal anda harus memiliki 3 teman yang setia. Dan pada saat sakit ini juga dukungan dari teman sangat dibutuhkan. Jangan lupa berdoa dan beribadah karena sesungguhnya semua nikmat kesehatan itu datangnya dari Allah Swt.

Get Well Soon…


Ket. sumber Gambar : Om google..

Tidak ada komentar

© Catatan Ara
Maira Gall