Kamis, 27 Desember 2012

Abdullah - Tunru



Abdullah.....

Masih banyak pertentangan dikalangan ulama mengenai tahun kelahiran dan tahun menikahnya Abdullah dengan wanita mulia perhiasan dunia yang Indah, Aminah.
Tidak banyak info yang bisa diperoleh mengenai Abdullah karena beliau meninggal dunia diusia muda dalam perjalanan ke Syam padahal ketika itu Aminah tengah mengandung. Maka cukuplah kiranya meraba pribadi beliau melalui anak lelakinya rasulullah Muhammad SAW (haturkan shalawat ketika menyebut, mendengar, menulis atau mengingat beliau).  Bayangkan manusia seperti apakah yang namanya dipercayakan Allah Swt untuk tertera dalam rencana kehidupan rasulullah Muhammad SAW ? pastilah bukan manusia biasa..

Sedikit menarik kesimpulan prematur,  mungkin  Abdullah  segera  dipanggil kesisi-Nya untuk memutus dugaan orang kafir bahwa ajaran islam yang dibawa rasulullah berasal dari doktrin ayahnya. Seperti halnya kematian Aminah, hingga masa rasulullah terasing ke perkampungan Bani Saad yang notabene penduduknya tidak mengenal tulisan, kematian kakeknya, Abdul-Muththalib. Bukankah semua itu semata-mata untuk menjaga pandangan manusia bahwa islam benar-benar murni dari Allah Swt ?
Begitu saya menganggap rencana Allah mengenai kematian Abdullah...
Dan setiap zaman memiliki ceritanya sendiri..

Ditahun yang tidak tahu angka berapa, lahir seorang lelaki kecil, silsilahnya tidak diketahui hanya namanya..namanya.. Same Dg Tunru. Tidak banyak info yang bisa diperoleh mengenai beliau karena beliaupun meninggal dunia diusia muda, ketika putri  bungsunya baru berusia 9 bulan..

Abdullah akan banyak ditemui didalam sejarah islam, dan akan selalu diingat oleh orang di dunia. Tapi lelaki ini Tunru, ia tak diketahui siapapun, mungkin dulu...20 tahun lalu masih ada sahabat dekatnya, kerabatnya atau keluarga besarnya yang mengingatnya..tapi sekarang siapa yang mengingatnya ?.

Kembali mencoba menarik kesimpulan...rencana Allah mengenai kematian Tunru..
Tidak ada jawaban, tidak ada jejak yang bisa diraba tentangnnya. Tapi satu yang pasti Allah memiliki rencananya sendiri.

"Bila seseorang meninggal dunia, maka putuslah segala amalnya kecuali tiga perkara; amal jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya" (Diriwayatkan oleh Muslim). Tunru...semoga anakmu menjadi shaleh-shalehah yang selalu mengingatmu dan mendoakanmu hingga nanti..zamanpun melupakan mereka.

Abdullah-Tunru..
Pastilah dua orang ayah yang luar biasa...



Makassar, 27 Desember 2012

Tidak ada komentar

© Catatan Ara
Maira Gall